Rabu, 24 Desember 2008

Tingkatkan Kemampuan Untuk Disukai Orang


Dalam dunia kerja, bila anda ingin didengar dan dicari, maka buatlah orang lain menyukai anda dulu. Anda harus bisa menciptakan hubungan saling menunjang dengan sesama staff, dengan manager Anda, dengan pelanggan, atau dengan mitra bisnis. Orang cenderung mempercayai orang yang mereka sukai. Komunikator yang baik menciptakan kemampuan untuk disukai orang.

Beberapa karakter memang disukai dan menarik perhatian orang, tetapi ada beberapa hal universal yang dapat membuka perhatian dan hati orang kepada kita, antara lain :

Jadilah individu yang sopan santun
Ada hal-hal kecil dikantor yang membuat spirit kerja anda terganggu. Misalnya sales rep yang membuat kopi dan meninggalkan coffee maker basah tidak karuan, atau sekretaris yang menggunakan foto copy machine dan meninggalkan paper jam didalam mesin. Atau manager yang menyabot meeting room yang sedang kita gunakan, dengan alasan ”sorry kami ada meeting yang sangat urgent, tolong donk pakai meeting room lain yang lebih kecil”, dan masih banyak hal yang menyebalkan yang dilakukan orang tanpa memandang perasaan atau kepentingan orang lain. Anda juga pernah kan menemui staff yang chatting melalui notebook mereka pada saat menghadiri meeting? Hindarilah untuk menjadi individu yang seperti itu, sebaliknya jadilah seorang yang selalu say hello sesudah cuti lama, booking meeting room sesuai dengan kebutuhan, selalu bilang terima kasih untuk bantuan kecil rekan kerja, menelpon kembali orang-orang yang telah menelpon anda dan meninggalkan pesan, dan lain sebagainya.

Be Prompt
Dilingkungan kantor yang serba sibuk dan masing-masing karyawan telah dibebani workload yang tinggi, dibutuhkan work habit yang positif. Misalnya selalu menjawab email tepat waktu, menelpon kembali orang yang meninggalkan voice mail, memenuhi tugas-tugas yang sudah deadline, dan mengecek surat hardcopy yang menumpuk. Penuhi semua janji baik tertulis maupun yang tidak tertulis, serta datang ke meeting tepat waktu. Perhitungkan jarak dan waktu tempuh bila lokasi meeting di luar kantor kita.

Punya Rasa Humor
Bekerja dalam tim sering kali menemui ketegangan atau kebuntuan. Kita harus pandai-pandai membawa suasana menjadi rileks dan tidak tegang. Rasa humor bisa menciptakan suasana dimana orang menjadi santai dan dengan demikian idea kreatif mudah muncul.

Rendah Hati
Kekuasaan bisa menggiurkan. Pujian membuat orang lebih bersemangat, meringankan stress, dan membuat karyawan merasa penting. Sebaliknya perilaku sombong bisa seketika membuat orang lain punya mood yang jelek dan berakibat tidak produktif. Misalnya, orang yang tidak mendengarkan orang lain bicara padanya, atau tidak mau mendengar saran orang lain untuk suatu masalah yang sedang dihadapi bersama. Atau orang mengirim email sengaja membuat orang lain bingung daripada membuat clear masalah.

Seorang komunikator yang kredibel menunjukan rasa rendah hati dalam beberapa cara, misalnya :
• Mempersilahkan anggota tim untuk menunjukan rencana mereka daripada menyuruh orang untuk mendengarkan dia terus menerus.
• Membuat orang lain merasa penting dengan membantu menafsirkan tujuan dan inisiatif orang tersebut.
• Meminta input dari orang lain – dan membuat input itu berfaedah buat tim
• Sharing dengan anggota tim tentang sukses orang lain untuk memberi semangat dan mendorong leadership
• Mengkomunikasikan rasa penghargaan atas usaha dan hasil yang dicapai oleh anggota tim.

Selain dari aspek-aspek diatas, penampilan anda, bahasa yang anda gunakan juga memberikan dampak positif kepada cara orang lain menerima anda. Secara keseluruhan itu akan menciptakan kredibilitas anda di depan rekan kerja dan pimpinan. (Inspired by ”Increase Your Likeability Factor” by Dianna Booher)

Tidak ada komentar: