Selasa, 02 Desember 2008

Tari Saman




Minggu lalu anakku yang bungsu bersama group tari Saman Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia memenangkan Juara 1 Lomba tari tradisional dalam rangka Olimpiade UI. Setiap tahun UI menyelenggarakan Olimpiade UI yang terdiri dari lomba Seni dan Olah Raga. Dicabang Seni yang dilombakan adalah tari tradisional, musik, teater dan photografi.

Sudah sejak SMU Keisha sangat mencintai Tari Saman, dan asyik sekali dengan Group Saman SMU 47, hingga sekarang masuk perguruan tinggi juga menekuni hobbynya yang satu ini. Karena kegemaran anakku ini aku mencoba mempelajari dari Keisha dan beberapa sumber lain, dibawah ini adalah informasinya.

Latar Belakang Tari Saman
Tari Saman yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Nanggroe Aceh Darussalam biasanya dibawakan kaum adam pada acara keagamaan. Tari Saman diciptakan dan dikembangkan oleh seorang tokoh Agama Islam bernama Syeh Saman. Namun sekarang tarian ini semakin populer dan di Jakarta lebih banyak dibawakan anak-anak perempuan. Kini tarian ini tidak hanya milik warga Aceh, tetapi lebih sebagai tari nasional karena seringnya tari Saman dibawakan dalam event internasional.
Tari Saman biasa diiringi gendang, lagu (tembang) dalam bahasan Aceh, Arab dan bahasa Indonesia, disertai tepuk tangan para penari yang dikombinasikan gerakan memukul dada dan pangkal paha serta menghempaskan badan ke berbagai arah. Kekompakan para penari, akan menghasilkan sebuah irama yang indah apalagi dengan kostum yang beraneka ragam penuh harmoni. Kenapa tari Saman membentuk garis vertical, itu memaknai saat orang Sholat yang membetuk shaf. Gerakan-gerakan yang seragam juga memaknai gerakan saat orang sholat berjamaah.

Mengapa menjadi popular di kalangan remaja ?
Tari Saman adalah tari tradisional yang mempunyai tingkat kesulitan tinggi. Untuk menguasai gerakan tari Saman secara sempurna peserta harus mempunyai ketahanan fisik yang tinggi, kecepatan gerakan tangan, badan, dan kepala yang sinkron antara sesama anggota tari, serta pemahaman secara benar akan makna lagu. Detail gerakan serta kekuatan menghentaknya berpengaruh kepada keseluruhan tari Saman. Oleh sebab itu perlu latihan dan disiplin para peserta untuk menghasilkan tari Saman yang memukau. Disiplin ini sangat perlu karena kekompakan tidak bisa terbangun dalam waktu sekejap, waktu latihan yang panjang juga diperlukan untuk kesempurnaan gerak tangan, bahu, kepala dan harmoni berbagai blocking (formasi) yang bisa diubah-ubah sesuai dengan kehendak para penari.
Menurut pengamatanku tari Saman kerap dipertandingkan di kalangan SMU karena berbagai hal, misalnya:
• Tingkat kesulitan yang tinggi dari tari Saman menimbulkan keinginan untuk menunjukan tingkat kompetensi antar sesama pelajar.
• Tari Saman menimbulkan rasa berkompetisi yang sehat dan merangsang kreativitas.
• Penjiwaan terhadap gerakan-gerakan tari, saat mana harus lemah gemulai saat mana harus cepat menghentak. Ada emosi saat menari. Penari juga dituntut untuk bisa menyanyi selain menari.
• Mimik atau ekspresi kala menari, karena mimik menciptakan komunikasi dengan penonton, kapan senyum, kapan harus benar2 mengikuti arah pandangan mata sesuai tariannya.
• Menimbulkan rasa kebanggaan mampu menari Saman dengan baik dan betul.
• Menimbulkan rasa cinta tari tradisional Indonesia yang positif daripada lomba tari yang bukan berasal dari budaya sendiri.


Komitmen
Menjadi penari Saman harus mempunyai komitmen. Tidak bisa sebuah group tari Saman melaksanakan latihan hanya dengan beberapa orang yang datang. Karena gerakan Saman mempunyai fungsi penari genap dan ganjil, maka saat latihan harus selalu full team. Oleh sebab itu sangat krusial bagi sebuah group Saman agar setiap anggota mempunyai komitmen untuk berlatih pada waktu yang sama.

Menjadi anggota penari Saman membentuk rasa kebersamaan serta rasa kompak bukan saja pada saat menari atau latihan, tapi diluar itu. Setiap anggota jadi saling sharing, saling mendukung, saling peduli dan menolong demi satu tujuan bersama.

Makna gerakan Saman dalam Bisnis
Dalam sebuah pertemuan tahunan kantorku dahulu, kami menyajikan Tari Saman sebagai tarian pembuka, dan penonton diberikan narasi yang bisa menghubungkan tari Saman dengan prinsip-prinsip bisnis seperti teamwork, harmony, creativity, disiplin, speed, one goal, commitment, dan superior result dalam pekerjaan kita sehari-hari sebagai profesional.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

wahhh tentang keisha udah dibahas ni..
aku dong.. :p
*iri mode : on*

Ariantini Yatim mengatakan...

Kun, nanti kan ada gilirannya.. sabar ya..

Anonim mengatakan...

Tante,,aku mengunjungi blognya tante..hehhehee..mo nimbrung aja, yang paling penting dari tari saman memang teamworknya,,satu salah,semua akan terlihat jelek...*based on experience..hehe..*

Buat tante, sukses terus yaaa..

-Mira-

Ariantini Yatim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ariantini Yatim mengatakan...

Hi Mira,
Thanks ya udah mampir, jadi nostalgia ya waktu masih suka manggung.. ayo diterusin aja jadi pelatih Saman..:-)

Tini