Jumat, 27 Juni 2008

“Regionalisasi”

Kalau anda bekerja di perusahaan multinasional, sudah umum bahwa trend yang terjadi sekarang adalah memindahkan beberapa proses bisnis ke kantor regional, dengan alasan efisiensi.

Mulai dari beberapa tahun yang silam, perusahaan yang berlokasi di Jakarta tidak harus mempunyai data center di Jakarta. Sebaliknya, sebuah data center di Sydney, Australia bisa digunakan oleh semua kantor cabang di wilayah Asean, misalnya.

Lambat laun dengan berkembangnya berbagai aplikasi dan model bisnis global, maka semakin banyak proses bisnis yang ditempatkan di regional. Misalnya proses permintaan penambahan karyawan, proses billing, purchase order atau expense clain karyawan, dan lain-lain lagi.

Bagaimana konsekwensi dari pemindahan proses bisnis ke regional? Jumlah karyawan semakin berkurang, atau bagi karyawan berprestasi, ini adalah kesempatan untuk mengambil jabatan regional. Misalnya seorang staff bagian Pembelian dapat ditingkatkan tanggung jawabnya menjadi Associate Buyer untuk seluruh wilayah Asean misalnya. Dengan kemajuan teknologi informasi, perubahan jabatan ini tidak selalu mengharuskan karyawan di relokasi.

Seorang staff perusahaan multinasional, sudah harus membekali dirinya dengan;
• Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang baik, secara tertulis maupun verbal. Kemampuan berkomunikasi menjadi sangat krusial karena staff tersebut akan melayani semua Negara di wilayahnya.
• Kemampuan berorganisasi yang baik (organizational skill).
• Merasa nyaman atau mampu beradaptasi terhaap lingkungan kerja multi nasionalisme, multi kultural.
• Mempunyai disiplin tinggi, proaktif, karena seringkali atasan mereka tidak berada di negara yang sama. Oleh sebab itu semua tugas harus diselesaikan dalam target waktu yang telah ditentukan.
• Meningkatkan pengetahuan dalam wawasan regional. Misalnya apa saja isu-isu regional sesuai dengan proses bisnis yang dia kelola. Hal ini penting pada saat membuat laporan atau arahan pekerjaan, hal tersebut memudahkan dan sebagai nilai tambah.
• Mempunya jiwa kepemimpinan yang baik.

Regionalisasi bukan suatu hal yang harus dicemaskan. Tetapi bisa dilihat sebagai kesempatan untuk berkembang. Jadi terus tingkatkan kemampuan anda, untuk merebut kesempatan ini.

Tidak ada komentar: