Sudah beberapa tahun terakhir kalangan perusahaan IT sering
sekali melakukan pendekatan kepada pelanggan dengan cara seminar, pameran, yang
kemudian membuat profesional IT jenuh.
Database perusahaan di seputar Jabodetabek sudah jenuh setiap bulan
menerima undangan dari principal IT yang bisa mencapai lebih dari 10 udangan
per bulannya. Dari segi mereka, tentu
sangat tidak masuk akal setiap minggu ada staff IT keluar kantor tidak bekerja
untuk hadir di seminar. Bagaimana harus
minta izin ke atasan atau bagaimana bisa sering2 keluar kantor seharian?
Pada beberapa kesempatan saat team kami menelpon pelanggan
untuk RSVP undangan dari salah satu client, banyak yang mengeluh karena terlalu
sering diundang, atau baru saja menghadiri acara serupa minggu sebelumnya. Pada kasus-kasus seperti ini biasanya mereka
langsung menolak untuk mendaftar. Dilain
pihak penyelenggara berusaha keras untuk memenuhi target registrasi dan
kehadiran dengan berbagai cara. Tapi
coba lihat dan analisa profil mereka yang hadir apakah mengalami
perbaikan. Perlu juga di analisa apakah
pendekatan ini masih bisa dilanjutkan dan menghasilkan sesuatu yang
diharapkan? Boleh jadi kualitas peserta
seminar jadi merosot, atau pesan tidak sepenuhnya diserap oleh kelompok yang
diharapkan.
Dari pengalaman, pada suatu hari seorang pelanggan
memberikan waktu untuk memberikan input: “kami sudah menghadiri event yang
besar minggu lalu, kan secara internal kami harus mengkaji bagaimana solusi
yang kami serap di seminar itu bisa bermanfaat bagi perusahaan kami. Ini butuh waktu, dan proses.” Beliau
seakan-akan ingin mengatakan bagaimana pekerjaan bisa selesai kalau harus
menghadiri seminar terus menerus.
Dalam kondisi pasar yang jenuh dengan banyaknya seminar IT
yang diselenggarakan, pelanggan akan semakin selektif untuk memilih dimana dia
akan hadir. Lalu bagaimana solusinya?
Sudah saatnya para principal IT menggunakan pendekatan atau
channel yang berbeda. Misalnya
menciptakan paket solusi dengan diskon menarik yang disebar luaskan melalui
social media atau online advertising, mengingat sekarang hampir semua IT
professional bekerja dengan perangkat bergerak.
Hal lain yang bisa juga digunakan adalah tele survey tentang kebutuhan
solusi IT dalam 6 – 12 bulan mendatang.
Upaya ini bisa menghasilkan cerug pasar bagi principal tersebut dan bisa
di tindak lanjuti seuai dengan kebutuhan.
Yang juga sedang in, adalah interaktif website dengan fasilitas online
chatting untuk melayani pertanyaan2 dari pelanggan seputar produk dan solusi
yang mereka butuhkan.
Dukungan layanan dengan tersedianya fasilitas HotLine yang
bisa dijangkau pelanggan setiap waktu untuk mendapatkan bantuan, solusi teknis,
dan informasi2 praktis yang pada intinya meningkatkan kepuasan pelanggan,
merupakan salah satu factor penting bagi terciptanya sebuah leads. Tentu saja fasilitas hotline dan online chatting
harus didukung oleh para teknisi dengan tingkat kompetensi yang tinggi untuk
menangani semua produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar