Pagi itu semua persiapan untuk event seminar yang bakal
dihadiri kurang lebih 500 orang sudah lengkap semua. Para crew dan staff registrasi sudah paham
semua tugas dan tanggung jawab, dan sudah ditetapkan bahwa registrasi mulai jam
08.00. Tetapi karena sebagian warga
Jakarta lebih menyukai berangkat lebih pagi dari rumah agar terhindar dari
kemacetan lalu lintas, maka banyak peserta yang sudah berada di lokasi sebelum
jam 08.00. Kami segera berkonsultasi
dengan Client apakah registrasi bisa dibuka sekarang juga, bersyukur Client
bersedia untuk membuka Registrasi lebih awal.
Artinya staff Registrasi memang sudah harus siap dengan perlengkapan
satu jam lebih awal untuk antisipasi hal seperti ini. Demikian juga pihak F & B harus siap
dengan Coffee & Snacks lebih awal dari jam 08.00. Ini semua dilakukan demi kenyamanan pelanggan
yang sudah bersedia datang di event yang kami selenggarakan.
Pada saat Coffee break pagi, Client kami sempat berkeliling
di sekitar meja2 buffet, ternyata dia mengamati apakah staff hotel cukup sigap
untuk cepat mengganti piring-piring yang kosong untuk ditambah dengan makanan
yang baru. Ternyata ada keterlambatan,
maka kami segera berkoordinasi dengan pihak hotel bahwa plate tidak boleh ada
yang kosong. Demikian juga pengaturan buffet
harus dibuat sedemikian rupa agar tidak menimbulkan antrian makan yang terlalu
panjang, karena pada acara seperti ini waktu sangat harus diperhitungkan.
Pada sisi yang lain, saat peserta seminar sudah akan pulang
dan mereka harus mengambil sovenier di meja registrasi, maka kami dengan sigap
mengatur agar antrian tetap rapih dan nyaman bagi semua pihak. Hal ini sangat penting karena tujuan kami
adalah memberikan pengalaman yang nyaman bagi peserta seminar yang kami
selenggarakan.
Dari segi staff pendukung event “mindset mengutamakan kepuasan
pelanggan” harus ditanamkan sejak awal, sehingga di lapangan mereka bisa
mengambil keputusan mana yang seharusnya dilakukan. Antara lain dengan memberikan “jalur komando”
yang jelas apabila ada sesuatu yang terjadi mendadak. Alat komunikasi juga harus digunakan dengan
sebaik-baiknya.
Pada dunia korporasi tingkat kepuasan pelanggan ditentukan
oleh beberapa parameter yang bisa dipantau dari tahun ke tahun apakah nilainya
meningkat atau menurun. Tapi yang sangat
penting juga kita menanamkan mindset mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai
salah satu indicator kerja kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar