Jumat, 08 Agustus 2008

Baby's First Steps

Saat pertama kali bayi kita bisa melangkah, itu adalah moment yang sangat bersejarah bagi bayi dan bagi ibunya. Kemarin aku memberikan kesempatan kepada 4 orang mahasiswi yang belum pernah mengerjakan tugas resmi sebagai petugas registrasi pada sebuah seminar yang diselenggarakan oleh kantorku.

Ini sebuah peristiwa kecil dan sederhana, tapi kalau dilihat dari antusiasme mereka bekerja itu sebuah berkah. Sehari sebelumnya kami melakukan briefing pada para petugaas registrasi dan penerima tamu tentang tatacara yang harus dilakukan dalam sebuah seminar resmi. Dari mulai cara penggunaan pembuatan stiker name tag yang dihubungan langsung ke 4 buah laptop untuk para peserta, sampai cara mengontrol berapa banyak peserta seminar yang sudah datang versus yang mendaftar dan sebagainya.

Seminar berjalan lancar, 4 orang muridku ini secara kebetulan bertugas dengan perangkat IT untuk memproduksi name tag tersebut. Jadi ini sudah merupakan pembelajaran bagi mereka bahwa ada alat yang praktis untuk membuat name tag dengan software dan printer mungil yang dihubungan kepada laptop mereka masing-masing. Sambil membuat name tag mereka juga harus menyerahkan seminar folder dengan pesan-pesan tertentu pada peserta seminar. Muka harus selalu tersenyum, kalau ada printer error atau kertas stiker habis, harus diisi dengan tetap tersenyum walaupun peserta udah mulai panjang menunggu. Yang lain segera dengan gesit mengalirkan peserta2 yang menunggu pada line menunggu yang lain, agar tidak ada yang menunggu terlalu lama.

Pada siang harinya, mereka punya kesempatan untuk ikut mendengar materi seminar beberapa saat secara bergantian. Ini bermanfaat untuk mereka tahu apa dan bagaimana sebuah seminar teknologi informasi dilaksanakan. Bagaimana cara penyampaiannya dan bagaimana reaksi peserta bila bahasa yang digunakan selama seminar adalah bahasa Inggris.

Sepulang dari seminar, semua gembira. Yang punya latar belakang jurusan komunikasi mengatakan bahwa dia bisa langsung menggunakan ilmunya untuk menyampaikan pesan2 kepada peserta seminar walaupun untuk hal-hal sederhana. Sedangkan yang lain senang melihat cara mengorganisasikan semua kebutuhan seminar dan orang-orang yang bertugas dengan baik dan terstruktur. Yang lain lagi tertarik dengan tata panggung, dan yang satu lagi sibuk menganalisa komentar tertulis dari para peserta. Selain itu, mereka juga belajar bahwa data dari peserta adalah sangat penting. Data itu tidak boleh tidak lengkap, nah bagaimana melakukan komunikasi yang baik dan sopan agar peserta mau memberikan data yang rinci tanpa paksaan.

Dalam kendaraan pulang, mereka menerima honor mereka masing-masing... Ohhh, senangnya ini adalah my first job, and my first salary, kata mereka semua. Rasa gembira dan puas dari wajah-wajah polos para mahasiswi semester 3 berbagai universitas itu juga memberikan kegembiraan bagi aku. Karena dengan demikian mereka sudah mendapatkan sebuah pembelajaran, dan ilmu itu bisa dikembangkan di kemudian hari. Aku berpesan pada mereka bahwa pekerjaan sederhana ini jangan dipakai hanya untuk mencari uang, justru cari pembelajaran apa yang bisa didapat dan lakukan dengan gembira. Niscaya hasilnya juga akan bagus... semoga.

Tidak ada komentar: