Selasa, 07 Mei 2013

Kemampuan Menulis Seorang Sekretaris

Seorang rekan yang bekerja di divisi Human Resources Development menelpon.  Dia kesal karena sekretaris di kantor dia tidak bisa menulis surat, sehingga pekerjaan ini dihibahkan kepada dia yang notabene tidak termasuk kewajibannya.  Tetapi karena para boss di kantor tersebut menganggap sekretaris mereka kurang handal dalam menulis surat bisnis, maka orang lain yang mempunyai kemampuan akan dimanfaatkan.




Di era bisnis dimana komunikasi serba elektronik, kita sudah jarang membuat surat bisnis tertulis kepada pelanggan.  Sebagian besar komunikasi sudah dilakukan dalam bentuk surat elektronik atau melalui teks pesan singkat lewat smart phone.  Kecenderungan yang berlaku, komunikasi tertulis tidak menggunakan akidah surat menyurat bisnis yang dulu dipergunakan. 

Oleh sebab itu seorang sekretaris masa kini kalau disuruh menulis surat complaint resmi dari pelanggan secara tertulis maka dia akan menemui kesulitan bagaimana memulainya.

Maka saran saya kepada teman tadi, ketika dia mengetest calon karyawan untuk posisi sekretaris coba lakukan test membuat surat bisnis.  Karena kemampuan menulis itu sangat penting bagi sekretaris dalam meniti karirnya kelak.  Dan semakin tinggi kemampuan menulisnya, dia berpotensi akan selalu dilibatkan dalam rapat-rapat penting perusahaan untuk membuat risalah rapat, misalnya.

Kalau masalah bagaimana memulai suatu surat, bisa di tanyakan kepada Mr. Google, maka dalam sekejap akan bermunculan contoh surat-surat bisnis sesuai kebutuhan Anda.  Nah apabila anda seorang sekretaris maka rajin-rajinlah menulis. 

Kalau komunikasi bisnis dilakukan melalui email, maka perlu diperhatikan bahasa yang resmi, tanpa singkatan, dan format yang mendekati surat resmi hard copy.  Jangan lupa selalu mencantumkan nama anda, jabatan, alamat kantor, dan nomor telpon yang bisa dihubungi. Kemampuan menulis sebetulnya diperlukan oleh semua profesi, oleh sebab itu bagi sekretaris bakat ini bisa dijadikan batu loncatan untuk pindah karir ke bidang lain di kemudian hari.

Tidak ada komentar: